--> Skip to main content

Cara Menampilkan Rumus Matematika di Website

Salah satu kesulitan bagi blogger yang memiliki blog dengan topik matematika adalah memasang rumus matematikanya di blog. Banyak blogger yang memasangnya rumus matematika menggunakan format image, dan tentu saja hasilnya kurang menarik dan sering berantakan. Pada artikel ini saya akan memberitahukan cara menampilkan rumus matematika di website atau blog menggunakan bahasa \(\LaTeX.\)

Jika kamu adalah pengguna WordPress.com, maka kamu bisa langsung menggunakan menggunakan kode bahasa \(\LaTeX\) di posting blog kamu karena WordPress.com sudah didukung oleh bahasa \(\LaTeX.\)

Format kodenya adalah $latex ... $, dimana ... adalah isian untuk kode untuk bahasa \(\LaTeX.\)

Contoh penulisan kodenya adalah

$latex f(x) = \frac{1}{\lambda} \exp{\left(-\frac{x}{\lambda} \right)}$

Hasil dari pemasangan kode tersebut adalah \[f(x) = \frac{1}{\lambda} \exp{\left(-\frac{x}{\lambda} \right)}\] Informasi lebih lengkap mengenai penggunaan \(\LaTeX\) di WordPress.com dapat kamu baca di LaTeX Support WordPress.com.

Untuk kamu yang bukan pengguna WordPress.com, maka kamu perlu menambahkan kode script sendiri terlebih dahulu. Script yang sering digunakan adalah MathJax. Kode script diletakkan di tema blog di antara kode <head> dan </head>.

<script type='text/x-mathjax-config'>
MathJax.Hub.Config({tex2jax: {inlineMath: [['$','$'], ['\\(','\\)']]}});
</script>
<script src='https://cdnjs.cloudflare.com/ajax/libs/mathjax/2.7.2/MathJax.js?config=TeX-AMS-MML_HTMLorMML' type='text/javascript'>
</script>

Selanjutnya tulis kode rumus bahasa \(\LaTeX\) di konten blog kamu. Formatnya adalah \[ ... \]. Contoh penulisan kodenya adalah sebagai berikut.

\[f(x) = \frac{1}{\lambda} \exp{\left(-\frac{x}{\lambda} \right)}\]

Kode tersebut sama dengan kode WordPress.com di atas, begitu juga dengan hasilnya.

Tampilan lainnya adalah tampilan inline atau sebaris dengan tulisan teks biasa, yaitu menggunakan kode \( ... \). Contohnya penulisannya adalah sebagai berikut.

\(y_i = \beta_0 + \beta_1 x_i + \varepsilon_i\)

Hasilnya adalah \(y_i = \beta_0 + \beta_1 x_i + \varepsilon_i.\)

Cara penulisan bahasa \(\LaTeX\) selanjutnya bisa kamu pelajari lebih lengkap di MathJax TeX and LaTeX Support. Saat belajar biasanya agak sulit mengingat kode-kode bahasanya, kecuali kalau kamu sudah mahir. Agar bahasanya mudah diingat maka kamu harus sering latihan menuliskannya.