--> Skip to main content

Tabel Chi Square

Tabel Chi Square \((\chi^2)\) adalah tabel distribusi statistik yang didasarkan pada Distribusi Chi Square (Khi Kuadrat).

Tabel Distribusi Chi Square sering digunakan untuk menentukan daerah kritis dalam uji kecocokan/kesesuaian (goodness of fit test), uji independensi dan uji homogenitas.

Fungsi kepadatan peluang \((f(x))\) dari distribusi chi square adalah \[f_v(x) = \frac{1}{2^{\frac{v}{2}}\Gamma(\frac{v}{2})}x^{\frac{v}{2}-1}e^{-\frac{x}{2}}\] dimana \(v\) adalah derajat bebas, \(\Gamma(.)\) adalah fungsi gamma dan \(e\) adalah bilangan eksponensial.

Bentuk kurva dari distribusi chi square adalah

Dari bentuk kurva tersebut, bisa diketahui bahwa \(\chi^2\) selalu bernilai positif dan dipengaruhi oleh nilai derajat bebas \((v).\) Semakin besar nilai derajat bebas \((v),\) maka kurva distribusi chi square akan mendekati Distribusi Normal.

Berikut ini adalah tabel chi square untuk derajat bebas 1 sampai 100 dengan tingkat signifikansi \((\alpha)\) 0,995, 0,99, 0,975, 0,95, 0,9, 0,1, 0,05, 0,025, 0,01 dan 0,005. Luas wilayah \(\alpha\) berada di bagian kanan kurva.



Cara Membaca Tabel Chi Square

Dari tabel chi square di atas, yang diketahui adalah \(\alpha\) atau tingkat signifikansi dan \(v\) atau derajat bebas (degree of freedom). Nilai \(\alpha\) biasanya sudah ditetapkan sesuai dengan kebutuhan penelitian, sedangkan nilai derajat bebas biasanya adalah banyaknya data dikurang satu \((v = n - 1).\)

Misalkan ingin diketahui nilai chi square \(\chi_{(\alpha;v)}^2\) untuk derajat bebas \(v\) sama dengan 29 dengan tingkat signifikansi \(\alpha\) sama dengan 0,05. Untuk mendapatkannya maka lihat tabel chi square kolom \(\alpha\) sama dengan 0,05, kemudian tarik ke bawah sampai baris \(v = 29.\) Pertemuan kolom dan baris tersebut adalah nilai chi square \(\chi_{(0\text{,}05;29)}^2 = 42\text{,}5570.\)