Tanya Jawab Statistika | Rumus Statistik

Tanya Jawab Statistika

Jika Anda ingin bertanya seputar persoalan statistik, silakan ajukan pada form komentar di bawah. Kami akan merespon pertanyaan Anda secepatnya.

Terimakasih...


Contoh Soal No. 1

Hasil ujian masuk sebuah universitas menunjukkan bahwa 70% mahasiswa yang masuk jurusan statistika adalah perempuan. Sebanyak 10 orang mahasiswa dari jurusan statistika tersebut dipilih secara acak sebagai sampel dalam survei kepuasan mahasiswa baru terhadap pengurusan administrasi di kampus mereka. Berapakah peluang terdapatnya 7 orang perempuan dari 10 orang mahasiswa yang dipilih?

Jawab:

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, pelajari terlebih dahulu materi Distribusi Binomial pada artikel yang ada di blog ini. Rumus yang digunakan adalah \[b\left (x;n,p\right)=C^{n}_{k}p^x\left(1-p\right)^{n-x}.\] Dari soal di atas, dapat kita ketahui bahwa $p=0,7$, $n=10$ dan $x=7$. Nilai-nilai tersebut kita masukkan ke dalam rumus. \begin{align*}
b\left (7;10, 0,7\right) &= C^{10}_{7}\left(0,7\right)^7\left(1-0,7\right)^{10-7}\\
 &= \frac{10!}{7!(10-7)!}\left(0,7\right)^7\left(1-0,7\right)^{10-7}\\
 &= \frac{8\times9\times10}{1\times2\times3}(0,0824)(0,027)\\
 &= 0,2668
\end{align*}Peluang terpilihnya 7 orang perempuan dari 10 orang mahasiswa adalah 0,2668.

106 Komentar untuk "Tanya Jawab Statistika"

Bagaimana interpretasinya jika Mean lebih besar dari Median dan lebih besar dari modus?

Mau bertanya pak. Penelitian saya kan ttg prevalensi. Nah saya mau melihat apakah perbedaan jumlahnya bermakna antara penderita skizofrenia paranoid laki2 dan perempuan. Itu pake apa ya? Terimakasih

Sepertinya skala data yang digunakan adalah rasio. Untuk melihat perbedaanya bisa menggunakan uji t atau uji Z.

apa perbedaan dari simpangan baku, simpangan rata-rata, dan varian, lalu apa hubungannya dengan rata-rata?

Simpangan baku merupakan simpangan yang telah distandarkan, sedangkan varian simpangannya masih dalam bentuk kuadrat. Simpangan rata-rata berbeda dengan simpangan baku dan varian, karena simpangan baku masih mempertimbangkan nilai negatif yang menyebabkan simpangan menjadi kecil.

Hubungan simpangan-simpangan tersebut dengan rata-rata adalah bahwa penyimpangan dalam simpangan tersebut dihitung dari rata-arata.

Bagaimana jika data berkelompok yang kita miliki itu range kelasnya berbeda, apa masih bisa digunakan rumus ini?

Tidak bisa, interval kelas harus sama.

Jenjang jabatan termasuk pengukuran skala apa?

Karena mengurutkan peringkat, maka skalanya adalah ordinal.

Saya punya soal Nilai ulangan siswa kelas IA dan IB
Nilai Banyak siswa
4 2
5 6
6 10
7 8
8 16
9 6
10 2

yang jadi pertanyaan berapa nilai Median jika menggunakan rumus dengan interval batas atas? mohon dengan caranya agar saya paham, terima kasih.

Perlu diketahui sebelumnya bahwa data tersebut bukanlah data berkelompok sehingga tidak perlu menggunakan rumus median dengan interval batas atas.

Data tersebut adalah data tunggal yang ditampilkan secara berkelompok. Data nilai-nilai tersebut sebelum ditampilkan secara berkelompok adalah 4, 4, 5, 5, 5, 5, 5, 5, 6, 6, 6, 6, 6, 6, 6, 6, 6, 6, 7, 7, 7, 7, 7, 7, 7, 7, 8, 8, 8, 8, 8, 8, 8, 8, 8, 8, 8, 8, 8, 8, 8, 8, 9, 9, 9, 9, 9, 9, 10, 10.

Jumlah data adalah 50, dengan demikian mediannya adalah data ke 25 dan 26. Data yang ke 25 dan 26 tersebut adalah 8 dan 8. Dengan menggunakan metode mencari median data tunggal maka median untuk data tersebut adalah 8.

Ijin bertnya

Validitas konstruk dapat menggunakan rumus product moment pearson. Apa yg mnjadi dasar penggunaan rumus tsb?

Yg saya baca validitas konstruk diuji dgn analisis faktor.

Mohon pencerahannya

Salam kenal min.
Saya sedang belajar dasar-dasar statistika deskriptif. Khusus nya ukuran gejala pusat.

Jika ada topik mengenai ukuran gejala pusat data belum di kelompokan dalam contoh kasus "UMR DKI Jakarta 2005-2016"
Tugas nya adalah menyajikan data tsb.
Saya masih bingung min, kan ada macam2 ukuran gejala pusat, rata2 hitung, ukur, harmonis, tertimbang, apakah semua nya dipakai?
Tolong banty jawab ya min. Maaf kalo pertanyaan nya kurang berbobot, newbie nih

Saya masih belum tau bentuk datanya apa. Jika datanya ada outlier, lebih baik menggunakan median atau modus. Kalau tidak ada outlier lebih baik gunakan rata-rata.

Jika memerlukan analisis statistik lebih lanjut, maka gunakan rata-rata.

permisi pak mau tanya, ini kan ada soal dan penyelesaiannya : Suatu Panggilan telepon datang pada papan switching mengikuti proses poison dengan rata-rata 5 sambungan datang tiap menit. Tentukan peluang hingga 1 menit berlalu baru 2 sambungan yang datang.
ini penyelesaiaannya : Proses poison dapat diterapkan dengan menunggu 2 kejadian poisoon terjadi mempunyai distribusi gamma dengan β = 1/5 dan α=2. misalkan X adalah selang waktu sebelum 2 panggilan telepon datang. Peluangnya adalah :
yang saya mau tanyakan itu β nya kq bisa 1/5 sedangkan α=2. bisa dijelaskan?

Fungsi distribusi eksponensial berhubungan dengan 1 proses poisson, sedangkan fungsi distribusi gamma berhubungan dengan beberapa proses poisson.

Pada soal tersebut berlaku 2 kejadian poisson, sehingga proses poisson tersebut berhubungan dengan distribusi gamma dengan α sama dengan 2.

Jika parameter poisson (λ) sama dengan 5, maka parameter gamma (β) sama dengan 1/λ atau 1/5.

Coba pelajari lagi proses poisson yang berhubungan dengan distribusi eksponensial dan distribusi gamma (materinya bisa dicari di Google).

Maaf mau bertanya..MLE dari f(x,teta) = teta .x^(teta -1) apa ya?tks

Tidak semua distribusi ada MLE-nya. Sepertinya fungsi tersebut tidak ada MLE nya.

Maaf mau bertanya lagi..apakah suatu fungsi bisa memiliki MME tetapi tidak memiliki MLE ?tks

Bagaimana kalau modus lebih besar dari mean dan median tapi nilai mean dan mediannya sama? Tsrmasuk juling kanan atau kiri atau tidak keduanya?

Assalamualaikum,,
Terima kasih min udah menyediakan forum diskusi seputar statistik seperti blog ini. Sangat bermanfaat.
Saya mau bertanya min mengenai taraf signifikansi pada uji normalitas?
Taraf signifikansi 0,050 itu lebih besar dari p=0,05 atau sama dengan??
Mohon konfirmasinya.
Kalau boleh saya diberi referensinya.

Kondisi tersebut masuk ke dalam menceng kiri.

Taraf signifikansi biasanya dilambangkan dengan $\alpha$, sedangkan p yang anda maksud adalah p-value. Jika $\alpha$ = 0,05 dan p-value = 0,05, berarti nilainya sama. Kedua-duanya merupakan luas area di bawah kurva distribusi normal standar.

apa arti lambang (d) dalam ilmu statistika materi statistika kelas 11 smk, dan bagaiamana cara mendapatkannya?

Kadang sebuah notasi ditentukan sendiri dan tidak baku. Kemungkinan d tersebut adalah notasi dari Desil.

Jika ada kasus: Seorang makelar tanah menyuruh dua anak buahnya (Adi dan Budi) untuk mengukur luas tanah. Dalam laporan yang diterima si makelar, luas tanah hasil pengukuran Adi dan Budi berbeda untuk tiap lokasi tanah.
Standar/uji statistika apa saja yang dapat digunakan untuk menyatakan bahwa hasil pengukuran Adi dan Budi berbeda signifikan atau berbeda namun tidak signifikan?

Data yang dihasilkan dimisalkan:
Lokasi 1: Adi (5625), Budi (5645)
Lokasi 2: Adi (11250), Budi (11291)
Lokasi 3: Adi (16875), Budi (16935)
Lokasi 4: Adi (22498), Budi (22578)
Lokasi 5: Adi (28120), Budi (28221)
Lokasi 6: Adi (33742), Budi (33863)
Lokasi 7: Adi (39364), Budi (39505)
Tapi tidak menutup kemungkinan bahwa jika ada tambahan data (lokasi ke 8, 9, 10 dst), hasil pengukurannya bisa kecil sekali (misalnya Adi dan Budi mengukur tanah kamar kos) atau besar sekali (ngukur tanah pejabat).

Pada awalnya, untuk melihat data yang dihasilkan Adi dan Budi berbeda signifikan apa tidak, saya menghitung selisih kedua pengukuran untuk tiap lokasi sehingga dihasilkan 7 nilai selisih untuk 7 lokasi pengukuran.
Selisih tersebut saya buat rata-ratanya. Nilai rata-rata selisih itulah yang menjadi dasar kedua pengukuran berbeda signifikan atau tidak.

Tanggapan yang saya terima dari atasan saya, nilai rata-rata dari selisih pengukuran bukan hal yang umum untuk menentukan kedua pengukuran berbeda signifikan atau tidak. Penjabaran saya dikembalikan dengan perintah "Ubah ke standar deviasi!"
Nah, dari sini saya bingung, kok bisa standar deviasi digunakan untuk membandingkan data Adi dan Budi signifikan berbeda atau tidak.
Tapi berhubung saya juga tidak pernah secara khusus belajar statistika, saya tidak berani membantah tanpa dasar yang kuat.
Mohon pencerahannya!

Untuk membandingkan hasi pengukuran oleh Adi dan Budi, kita bisa melihat dari rata-ratanya. Pada kasus tersebut, uji statistik yang digunakan adalah Uji Rata-rata Dua Populasi. Hipotesis yang digunakan adalah \begin{align*}
H_0: \mu_1 &= \mu_2\\
H_1: \mu_1 &\neq \mu_2
\end{align*} Pada proses pengujian statistiknya diperlukan nilai standar deviasi. Kebetulan pada blog ini belum menerbitkan posting tentang pengujian tersebut. Silakan saudara cari saja informasi lebih lengkapnya di Google dengan kata kunci "uji dua rata-rata". Uji dua rata-rata memiliki beberapa bentuk, untuk kasus saudara bentuknya adalah "variannya sama dan tidak diketahui".

Pengujian rata-rata dua populasi merupakan pengujian secara statistik. Jika hasil pengujian menunjukkan bahwa rata-rata tersebut berbeda, maka dikatakan bahwa perbedaan tersebut signifikan secara statistik.

Mohon diralat jika saya salah:
Apakah yang dimaksud dengan "Uji dua rata-rata dengan variannya sama dan tidak diketahui" adalah "Independent sample t-test" untuk "equal variance"?

Uji dua rata-rata juga terdiri dari dua jenis, yaitu uji independen (independent test) dan uji berpasangan. Uji untuk kasus saudara adalah uji independen. Uji berpasangan biasanya untuk membedakan dua rata-rata apakah ada perbedaan sebelum dan sesudah perlakuan. Misalnya apakah ada perbedaan nilai ujian siswa sebelum atau sesudah diberikan kursus les.

Pada kasus di atas, gunakan uji independen dimana variannya sama dan tidak diketahui. Pengujian bisa menggunakan uji Z atau uji t. Uji Z digunakan untuk banyaknya sampel yang besar, sedangkan uji t digunakan untuk banyaknya sampel kecil (coba cari di Google keterangannya lebih lanjut).

Jadi (sesuai pertanyaan saudara) "Uji dua rata-rata dengan variannya sama dan tidak diketahui" adalah "Independent sample t-test" untuk "equal variance" (varian sama) dengan tambahan "varian tersebut tidak diketahui".

Catatan:
Kata-kata "varian tidak diketahui" harus ditambahkan, karena ada juga kondisi "varian diketahui" dimana rumus statistik ujinya berbeda dengan "varian tidak diketahui".

Maaf sebelumnya jika pertanyaan saya terlalu mendasar.
Mengapa dipilih "independent sample"? Adi dan Budi kan mengukur tanah yang sama.

Maaf, saya koreksi pernyataan sebelumnya, karena datanya berpasangan maka uji statistik yang digunakan adalah uji rata-rata data berpasangan dengan hipotesis. \begin{align*}
H_0: \mu_d = 0 \\
H_1: \mu_d \ne 0 \\
\end{align*} Statistik uji yang digunakan adalah uji t atau uji Z, tergantung banyaknya sampel yang digunakan.

Terimakasih atas diskusi dan koreksinya.

Ada soal seperti ini :
Acetobutolol, propanolol dan butolol merupakan obat untuk menurunkan tekanan darah yang termasuk dalam golongan ß-blocker. Pengamatan pada orang yang mengkonsumsi asetobutolol menunjukkan kandungan spermanya lebih rendah daripada orang normal. Diduga asetobutolol menjadi salah satu penyebab penurunan jumlah sperma ini. Untuk mengetahui efek asetobutolol digunakan mencit yang dibagi menjadi lima kelompok. Hasil percobaan disajikan pada tabel berikut.Pertanyaan:
Apakah penggunaan asetobutolol menyebabkan penurunan jumlah sperma mencit. Kalau benar, seberapa besar asetobutolol menekan pertumbuhan sperma mencit.

Kontrol :
4,2
4,3
1,1
5,7
3,6
2,5

P1 (1mg): 4,7; 4,5; 4,8; 3,4; 3,3; 5,9
P2 (2mg): 1,5; 6,9; 4,4; 5,2; 2,1; 0,6
P3 (3mg): 0,5; 2,4; 0,4; 3,3; 0,2; 1,5
P4 (4mg): 1,8; 1,3; 0,2; 0,9; 2,4; 0,5

Maaf saya kurang memahami bagaimana cara membaca tabel tersebut dan bagaimana maksud pembagian mencit menjadi 5 kelompok pada tabel.

Sebagai referensi penyelesaian soal di atas, coba baca materi tentang Rancangan Acak Kelompok Lengkap.

jika diketahui rata rata 6 dengan simpangan baku 2 sekumpulan data Xi. Jika Y1=3xi +4 berapa nilai rata rata y dan simbangapan baku y ?

Diketahui rata-rata $\mu_x = E(X) = 6$ dan simpangan baku $\sigma_x = 2$ atau variannya $\sigma_x^2 = Var(X) = 4$. Jika $Y = 3X+4$, maka \begin{align*}
E(Y) &= E(3X+4) \\
&= 3E(X)+4 \\
&= 3(6)+4 \\
&= 22
\end{align*} selanjutnya \begin{align*}
Var(Y) &= Var(3X+4) \\
&= 3^2 Var(X) \\
&= 9(4) \\
&= 36
\end{align*} Dengan demikian rata-rata $\mu_y = E(Y) =22$ dan simpangan baku $\sigma = \sqrt {Var(Y)} = 6$.

ASS. SY MAU BERTANYA, BAGAIMANA CARA MENGHITUNG INDEKS HARGA AGGREGATIF DARI BEBERAPA BARANG EKSPOR BERIKUT:

BULAN KOPI MINYAK SEREH LADA PUTIH KOPRA
JAN 48750 77809 48060 8871
FEB 50250 78500 48060 8561
MAR 50700 77000 45537 8918
APR 65250 76200 47875 9251
MEI 77500 77594 48500 11534
JUNI 78125 80600 44250 12303
JULI 76250 84667 45750 13149
AGUST 75625 88401 47500 14750
SEPT 83500 101700 55900 15375
OKT 106875 109000 64625 17607
NOV 115000 111758 67000 18269
DES 150000 106500 66500 17875

TERIMA KASIH SEBELUMNYA

Untuk menghitung indeks harga aggregatif bulan februari, jumlahkan harga seluruh barang di bulan februari kemudian dibagi jumlah seluruh barang di bulan januari, selanjutnya dikali 100.

Cara yang sama diterapkan untuk penghitungan bulan-bulan selanjutnya.

soal :
pengaruh kebijakan pemerintah dan eksekutif terhadap kesejahteraan,
data kebijakan : 8,9,8,7,8,9,7,8,9,8
data eksekutif : 7,8,6,7,7,8,7,7,6,6
data sejahtera : 6,6,8,7,8,6,5,5,6,6

ditanya apakah data tersebut terdistribusi?

gan,sanya ingin tnya distribusi apa yg paling cocok untuk menjawab soal tersebut,dan/atau bagaimana cara menjawabnya...Terima kasih gan..

Sepertinya yang cocok adalah distribusi multivariat normal.

berikan contoh pelemparan dadu atau koin menggunakan metode distribusi binomial

Misalkan sebuah dadu dilempar sebanyak 10 kali, peluang mata dadu 6 muncul 2 kali dapat ditentukan dengan menggunakan metode Distribusi Binomial.

Slamat malam
Admin saya menemukan soal seperti ini, mohon bantu penjelasannya
1.Di ketahui 60% dari tikus diinokulasi dengan serum dilindungi dari penyakit tertentu, jika 5 tikus diinokulasi,
a) Tidak ada yang tertular penyakit
b) Kurang dari 2 kontak sengan penyakit
c) Lebih dari 3 kontak dengan penyakit

Mohon di bantu amdmin terima kasih

1. Seandainya kita ingin menguji IQ Mahasiswa yang diajar dengan menggunakan metode mengajar tertentu (misal, metode mengajar A). Untuk itu kita mengambil sampel sebanyak 100 Mahasiswa, dan dari keseratus Mahasiswa tersebut kita peroleh rata-rata IQ (setelah diajar beberapa saat dengan metode A) sebesar 110. Instrument tes IQ yang dipakai merupakan instrument yang terstandart dengan μ = 100 dan simpangan baku 112.
Dalam kasus ini kita menghadapi masalah apakah rata-rata nilai itu sama atau berbeda dengan rata-rata populasi. Dengan kata lain apakah metode mengajar A memang mempunyai efek terhadap pembentukan IQ?
mohon bantuanya

Pak saya ingin bertanya, saya sedang dalam proses skripsi. Saya menggunakan 2 variabel independen dengan skala ordinal dan 1 variabel dependen dengan skala rasio. Uji korelasi apa yang dapat saya gunakan? Apakah saya dapat menggunakan uji korelasi product moment?

maaf pak saya ingin tanya pak kalau data yang kita pakai data nominal dan rasio itu gak bisa digabungkan di dalam regresi linear berganda pak?
mohon bantuannya..
terima kasih pak sebelumnya

nanya gan langkah penghitungan index xie beni dalam proses clustering menggunakan fuzzy c means ???

Pak saya dapat soal bgini.

Prestasi belajar kelas A1: 56, 60, 62,48, 52, 64, 64, 67, 71, 70, 71, 72, 89, 94, 81, 82, 83, 84, 84, 86, 84, 79, 78, 79, 78, 72, 72, 72, 74, 76.
Prestasi belajar kelas B2: 78, 84, 83, 78, 80, 83, 81, 78, 79, 82, 84, 81, 100, 98, 92, 53, 59, 62, 64, 68, 86, 84, 88, 69, 70, 76, 75, 73, 73, 91, 92, 89, 86, 86.

Selidiki apakah:
a. Data prestasi belajar kelas A1 ditarik dari populasi berdistribusi normal?
b. Data prestasi belajar kelas B2 ditarik dari populasi berdistribusi normal?

Bagaimana cara penyelesaiannya?terima kasih

Maksud dari soal tersebut adalah melakukan uji kenormalan (normalitas). Ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk melakukan uji kenormalan, misalnya metode chi-square untuk uji normalitas (uji goodness Of Fit Distribusi Normal), uji liliefors, uji kolmogorov smirnov atau uji saphiro wilk.

maaf saya mau nanya, kira2 uji hipotesis apa yang bisa digunakan jika penelitian mengenai "hubungan..." menggunakan skala nominal pada variabel terikat dan skala ordinal pd variabel bebasnya? dan alasannya menggunakan uji tsb? terimakaasih banyak..

Dengan menggunakan Anova saya rasa bisa.

Maaf sy mau tanya jika r square 26% dengan tingkat signifikansi yg tinggi Untk (x1) 0.08, (x2) 0.00, (x3) 0.010.. apa itu bs d bilag spurious regression? Mohon bantuannya, terima kasih banyak

Saya rasa belum bisa dikatakan spurious regression, sebab r square nya kecil.

Coba hitung menggunakan rumus distribusi binomial. Jika nanti masih bingung, silakan hubungi lagi kami kembali.

Selesaikan menggunakan uji Z - uji hipotesis rata-rata satu populasi, dimana hipotesisnya adalah \[\begin{align*}
H_o &: \mu = 100 \\
H_1 &: \mu > 100
\end{align*}\] Silakan hubungi kami kembali jika masih bingung.

mau tanya " IQ 703 Pelamar suatu perusahaan dengan rata2 1253 dan simpangan bakunya 13. jika perusahaan tersebut hanya menerima yang memiliki IQ paling rendah 93,berapakah banyaknya pelamar yang tidak lolos seleksi/ditolak jika hanya didasarkan ketentuan yang berlaku tanpa memandang kemampuan lain atau KKN

selamat siang, untuk uji kelayakan model path analysis bagaimana ya ?, jika mengganggu SPSS, atau penghitungan manual, terima kasih

sebuah penelitian ingin menganalisis pengaruh kombinasi dua macam agregat kasar terhadap campuran HRS-WC.Agregat kasar yang diteliti berasal dari empat quarry yaitu tangkiling,palu,merak, dan sungai katingan.berapa banyak kombinasi yang bisa dibuat dari agregat yang berasal dari ke empat quarry tersebut?

1. Data hasil wawancara dan observasi perilaku pasien dari kunjungan di Posyandu Mekar I Kecamatan Gondokusuman D.I Yogyakarta diperoleh nilai sebagah berikut :

40 40 41 41 41 42 42 42 43 43 43 44 46 47 47
49 50 52 52 54 55 56 57 57 77 58 59 59 60 60
62 63 64 64 65 65 67 67 67 67 68 68 69 70 70
71 73 73 74 74 75 76 76 78 78 78 79 80 81 81
82 82 83 83 84 85 86 87 87 88 89 89 90 91 92
94 94 94 94 95 96 96 96 97 98 98 99 99 100 101
103 104 105 105 107 108 108 109 110 110 110 111 111 112 112
113 113 114 114 115 116 116 117 117 118 118 118 119 121 121
123 123 124 125 125 126 126 126 127 127 128 128 129 129 130
132 133 135 135 136 137 138 138 139 139 139 140 140 142 142
a. Buatlah data tersebut menjadi data Distribusi frekuensi dari data kelompok
b. Tentukanlah nilai mean, median dan modus dari data kelompok tersebut

Halo salam, Admin Rumus Statistik.
saya ingin bertanya pemilihan uji statistik yg tepat dengan penelitian saya.
penelitian saya memiliki Desain (krossectional), dengan tujuan (mencari hubungan variabel tergantung & beberapa variabel bebas/analitik). skala data dari variabel tergantung adalah (ordinal- ringan,berat,Meninggal)
& variabel bebas nya nominal (*ya tidak) & skala data nominal dengan 3 jenis (tipe A,tipe B, tipe c).
sebaiknya saya gunakan uji statistik apa ya??
terimakasih banyak Rumus statistik.

maaf mbaa, saya juga punya tugas seperti itu. apakah saya boleh minta cara kerjanya?

Mohon Bagaimana cara penyelesaiannya?

Prestasi belajar kelas A1: 56, 60, 62,48, 52, 64, 64, 67, 71, 70, 71, 72, 89, 94, 81, 82, 83, 84, 84, 86, 84, 79, 78, 79, 78, 72, 72, 72, 74, 76.
Prestasi belajar kelas B2: 78, 84, 83, 78, 80, 83, 81, 78, 79, 82, 84, 81, 100, 98, 92, 53, 59, 62, 64, 68, 86, 84, 88, 69, 70, 76, 75, 73, 73, 91, 92, 89, 86, 86.

Selidiki apakah:
a. Kedua populasi memiliki varians yang homogeny?
b. Data prestasi belajar kelas A1 ditarik dari populasi berdistribusi normal?
c. Data prestasi belajar kelas B2 ditarik dari populasi berdistribusi normal?

terima kasih

selamat siang, saya mau bertanya apa perbedaan menggunakan uji chi square dengan uji spearman?
jika data merupakan skala ordinal, dan untuk mencari sebuah hubungan apakah benar jika saya memilih uji chi-square?

Adakah teman-teman yang bisa bantu?

Pihak manajemen PT. XYZ sedang berpikir menerapkan sebuah sistem bonus guna meningkatkan jumlah produksinya. Salah satu sarannya adalah membayar bonus pada 5 persen tertinggi dalam produksi yang didasarkan pada data masa lalu. Catatan sebelumnya menunjukkan bahwa produksi mingguan mengikuti distribusi normal. Rata-rata distribusi adalah 4.000 unit dan standar deviasinya 60 unit per minggu. Jika bonus dibayarkan kepada 5 persen tertinggi dalam produksi, bonus akan di bayarkan untuk berapa banyak unit?

Terima kasih

pada tahun 2012 di pedalaman papua diperoleh data bahwa rata-rata terdapat 3 orang albino per 175 orang, 100 orang diambil sebagai sampel percobaan, tentukan probabilitas terdapat 2 orang albino

Berdasarkan hasil uji kompetensi guru (UKG) yang diikuti oleh 500 orang guru SD diprovinsi banten menunjukkan 80 dan simpangan baku 5. Tentukan
A.presentase guru SD yang nilai UKG nya antara 70 dan 95
B.presentase guru SD yang nilai UKG diatas 90.
Tolong bantu

Seorang peneliti telah mengginakan sampel sebanyak 400 dan telah menngukur IQ dari sampelnya, dan ingin memguji hipotesis nol bahwa HiQ = 100, peneliti tsb telwh mengujinyabdg menggunakan stayistik z, dan memperoleh nilai Zhitung = ... + 3,00. Dg hasil ini mengantarkan pd kesimpulan bahwa dia menolak hipotesisnya (dg asumsi ° = 15,0) pertanyaannya apakah uji statistik tersebut tepat,, bagaimana standarberror bagi bagi rata-ratanya dpt dihiting, hitunglah rata-rata spelnya

Berdasarkan hasil uji kempetensi guru (ukg yang diikuti oleh 500 orang guru SD di provinsi X menunjukan rata-rata 80 dan simpangan baku 5 , jika hasil ukg tersebut terdistribusi normal tentukan persentase guru SD yang nilai ukg nya antara 70 dan 95 ?

Maaf... bisa bantu saya untuk soal dibawah ?
Sebuah perusahaan kontraktor tahu bahwa probabilita hujan didaerahnya selama hari tertentu dibulan Agustus 30 persen. Ia masih mempunyai dua hari kerja dan masih ada tenggang waktu 4 hari untuk menyelesaikan proyek biaya denda keterlambatan. Bila ia tidak dapat bekerja karena hari hujan, berapakah probabilita bahwa ia akan terkena denda ? Asumsikan hujan pada hari tertentu tidak tergantung pada terjadinya hujan pada hari lainnya.

Mohon bantuannya :

1. Apabila saya ingin menentukan jumlah sampel dengan nilai maximal 100 sampel tetapi populasi tidak diketahui ? (bagaimana rumus dan penjelasnnya)

2. apakah dalam penentuan sampel saya memaka selang kepercayaan 95% dan kesalahan yang diinginkan 10% bisa dikatakan masuk akal karena bila di total lebih dari 100% (mohon penjelasan)

Mohon bantuannya. Saya akan melakukan penelitian dgn desain sequential explanatory. Populasinya 9 lokat dgn total populasi sekitar 350-an siswa. Untuk metode kuantitatif, saya ambil satu kelas yg trdiri dr 36 siswa. Nah, untuk metode kualitatifnya (wawancara) saya bingung menentukan jumlah subjeknya. Sebelumnya saya temukan sumber bahwa untuk penelitian deskriptif, minimal subjeknya 10%. Yang saya tanyakan, 10% itu dr 36 siswa atau 10% dr 350 siswa? Atau adakah cara lain untuk menentukan jumlah sampelnya? Perlu saya tambahkan bahwa subjek yang diteliti dikelompokkan menjadi 2 kolompok dan pengambilan sampel menggunakan porpotional stratified random sampling. Mohon bantuannya. 😢

kalo jumlah total populasi sudah di ketahui kamu bisa hitung dengan rumus slovin untuk mennetukan jumlah sampel. ( sepengetahuna saya kalo salah minta di koreksi)

Uji MC NEMAR
GUNAKAN DATA DIBAWAH INI UNTUK MENGETAHUI APAKAH TERDAPAT PERBEDAAN SIGNIFIKAN ANTARA PENGGUNAAN KARTU KREDIT SEBELUM DAN SESUDAH BUNGA TURUN DENGAN TARAF NYATA 0,05.
SEBELUM 1 1 1 1 1 1 1 2 2 1 2 2 1 1 2 2 1 1 1 1
SESUDAH 2 2 2 2 2 2 2 2 1 1 2 2 2 1 1 2 2 1 2 2

Mohon bantuanya kak
Seorang pengusaha tekstil mengatakan bahwa para pelanggannya dijamin tidak akan mendapatkan bahan kain yang luntur rata-rata lebih dari 70 meter yang akan diterima di tempat pemesanan dengan simpangan baku 12. Untuk membuktikan kalin tersebut, seorang pembeli memeriksa 115 bahan kain yang dipilih secara acak dari pabrik tersebut dan mendapatkan rata-rata 67,5 meter kain yang luntur dengan dimpangan baku 12,2. Buktikan pernyataan klaim pengusaha tersebut pada taraf signifikan 0,05! (Ztabel = 1,96)

Assalamualaikum. Jadi ini ada soal seperti ini.
Dari pegawai PT. FEGA yang terdiri atas 100.000 orang telah diambil sampel acak sebanyak 200 orang. Rata2 upah dan simpangan baku dari 200 pegawai masing2 Rp. 4.150.000 dan Rp. 185.000.pada tingkat signifikansi 0.05, maka tentukan batas-batas taksiran rata-rata upah pegawai Perusahaan PT. FEGA!

selamat sore mas, saya mau nanya penelitian saya ini berjudul"pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap kedisiplinan guru" nah ke dua variabel ini menggunakan responden yang berbeda (jumlahnya) kira2 bagaimana menghitungnya? (rumus)saat mengkorelasikan

Tergantung skala data yang digunakan alam variable tersebut, apakah nominal, ordinal, interval atau rasio. Skala data ini sangat mempangaruhi metode statistik yang digunakan.

Saya mau bertanya, bagaimana mengestimasi parameter distribusi gamma dengan metode bayes, tanpa menggunakan aplikasi. Dan bagaimana memasukkan nilai dari data ke dalam rumus parameter hasil estimasi tersebut? Mohon jawabannya, karena saya sedang buntu untuk penelitian saya. Terimakasi sebelumnya

Estimasi parameter distribusi gamma dengan metode bayes dapat dilakukan dengan penurunan rumus yaitu dengan membuat fungsi likelihoodnya, menentukan fungsi prior dan selanjutnya menentukan fungsi posterior parameter-parameternya. Sedangkan estimasi dengan menggunakan dari nilai data biasanya meggunakan software, biasanya software WinBugs.

Dari soal tersebut, diketahui \(N=100.000,\) \(n=200,\) \(\bar{x}=4.150.000,\) \(s=185.000,\) \(\alpha=0,05.\) Batas-batas taksiran rata-rata upah pegawai dapat diketahui dengan menggunakan rumus selang kepercayaan berikut ini.
\[
\bar{x}-z_{\alpha/2}\frac{s}{\sqrt{n}}\sqrt{\frac{N-n}{N}}<\mu<\bar{x}-z_{\alpha/2}\frac{s}{\sqrt{n}}\sqrt{\frac{N-n}{N}}
\]
Silakan masukkan data-data yang sudah diketaui ke dalam rumus tersebut.

Diketahui \(\mu_o=70,\) \(\bar{x}=67\text{,}5,\) \(\sigma=12,\) \(n=115\). Hipotesis yang digunaka adalah
\[
\text{H}_0:\mu=70\\
\text{H}_1:\mu<70
\]
Statistik uji yang digunakan adalah
\[
z=\frac{\bar{x}-\mu_o}{\sigma/\sqrt{n}}
\]
Untuk penyelesaiannya, silakan pelajari artikel: Uji Z - Uji Hipotesis Rata-rata Satu Populasi.

Saya mau bertanya, Tugas akhir saya tentang perilaku kelompok. Data yang saya ambil yaitu 2 kelompok dengan populasi yang berbeda (kelompok A populasi 12 ekor dg umur kurang dari 1 tahun, kelompok B populasi 24 ekor dengan umur lebih dari 1 tahun). Perilaku yang diamati 2 jenis yaitu perilaku allogrooming dan autogrooming. Data yang didapat perilaku allogrooming pada kelompok A sebanyak 20 kali pada pengamatan pagi, 30 kali pada pengamatan siang, 50 kali pada pengamatan sore sedangkan pada kelompok B sebanyak 10 kali pd pengamatan pagi, 13 kali pd pengamatan siang, 15 kali pada pengamatan sore.
Perilaku autogrooming pada kelompok A sebanyak 40 kali pengamatan pagi, 60 kali pada pengamatan siang, 80 kali pada pengamatan sore sedangkan pada kelompok B sebanyak 17 kali pd pengamatan pagi, 19 kali pd pengamatan siang, 23 kali pada pengamatan sore.

Untuk mengetahui pengaruh umur terhadap frekuensi perilaku analisis datanya bagaimana ya?? Chi square/ANOVA atau yg lain?? Mhon bantuannya

Pakai uji chi-square saya rasa bisa. Buat dulu tabel kontingensinya.

Maaf sebelumnya, saya mau bertanya bagaimana menginterpretasikan nilai konstanta pada persamaan regresi, jika konstanta bernilai 0 dan dengan signifikansi 1 ? Terimakasih

Konstansta sama dengan 0 artinya jika x sama dengan 0, maka y sama dengan 0. Nilai signifikan 1 artinya konstanta tersebut tidak signifikan.

maaf ka saya mau bertanya.

Nyatakan apakah variabel random berikut diskrit atau kontinu!
1. banyaknya kecelakaan lalu lintas setiap tahun di Solo
2. lamanya memainkan permainan golf 18 lubang
3. produksi susu sapi perah tertentu per tahun
4. produksi telur ayam per bulan per induk
5. banyaknya izin mendirikan bangunan yang dikeluarkan oleh sebuah kota tertentu tiap bulan
6. produksi beras per hektar

1 diskrit, 2 kontinu, 3 kontinu, 4 kontinu, 5 diskrit, 6 kontinu.

Saya masih belum mengerti pengertian, fungsi, dan contoh pengaplikasiannya di kehidupan sehari-hari mengenai Rata-rata ukur dan Rata-rata harmonik. Mohon pencerahannya. Terima kasih

Dari sebuah desa berpenduduk 1000 orang 40% diantaranya wanita, 1% penduduk laki2 buta huruf, 2% penduduk wanita buta huruf. Jika dipilih seorang penduduk secara acak dan dia buta huruf maka berapa peluangnya

Gan mw tanya..
Jika sy punya data panel untuk 4 thn dg 1 independen dan dependen serta 2 individu, apa beda kesimpulan akhirnya/biasnya ketika tiap individu sy regresi linear saja atau smuany sy regresi panel sekaligus.

seorang dosen menemukan metode pembelajaran baru bagi mahasiswanya, yang menurutnya dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa. dua kelompok maisng-masing 65 orang mahasiswa. Sampel 1 diberi perlakuan metode pembelajaran baru ternyata dapat menjawab soal secara benar dengan jumlah rata2 25,95 soal dan S =3,90 soal. sampel 2 yang tidak diberi metode pembelajaran baru hanya dapat menjawab soal secara benar dengan rata2 24,54 soal dengan S=2,99 soal. lakukan test hipotesis dengan menggunakan a=0,05 . tolong bantuannya pak....

Gunakan uji beda dua rata-rata. Dicoba sendiri dulu ya. Materinya sudah ada di blog ini.

Silakan baca artikel Metode Penghitungan Indeks Komposit IPM dan Kegunaan Rata-rata Harmonik. Semoga kedua artikel tersebut bisa memberikan penjelasan mengenai rata-rata geometrik dan rata-rata harmonik.

Jumlah penduduk adalah 1000, 40% adalah wanita berarti jumlah wanita adalah 400 dan laki-laki 600. 1% laki-laki buta huruf berarti jumlah laki-laki buta huruf adalah 6. 2% wanita buta huruf berarti jumlah wanita buta huruf adalah 8. Dengan demikian jumlah total buta huruf adalah 14. Maka peluang jika dipilih seorang penduduk secara acak dan dia buta huruf adalah 14 dibagi 1000 dikali 100% yaitu 1,4%.

Mau tanya dong, kan sya menghitung reliabilitas tapi hasilnya bukan 0 koma melainkan 1 koma. Itu bagaimana ya? Apakah tidak apa"? Krn kan masih lebih besar dari R tabel. Mohon penjelesannya terimakasij

sebuah supplier minyak tanah yang menguasai suatu daerah dari bulan desember sampai februari dapat memasarkan minyak rata rata 8000 liter perhari dengan simpangan baku 1000 liter perhari, jika suatu hari supplier dapat menawarka 9.250 liter per hari, berapa probabilitas bahwa permintaan suatu hari dapat melampoui jumlah yang dapat di tawarkan ??

Itu gmna ya mohon penjelasannya ?

Halo Rumus Statistik, saya Andre mau bertanya,
Saya mempunyai data penelitian berupa populasi customer yang kualitas kreditnya macet dan lancar. Masing masing data customer tersebut mempunyai informasi seperti: income, pekerjaan, usia, area pengajuan, dan banyak lagi (kebanyakan data nominal). Saya ingin menentukan dari sekian banyak prediktor tersebut, prediktor apa saja yang menentukan customer tersebut bagus (kreditnya lancar). Lalu saya ingin membuat model dan skoring untuk prediktor yang berpengaruh tersebut. Jadi misalkan ada customer baru dengan kondisi income sekian, usia sekian, jenis pekerjaan tertentu, maka berapakah skornya. Apakah customer tersebut layak diterima atau ditolak (tergantung skornya dan berapa limit skor agar layak terima/tolak berdasarkan kualitas kreditnya tersebut).
Kira-kira saya harus menggunakan metode apa yang tepat untuk melakukan penelitian tersebut ya? Terima kasih banyak atas bantuannya ya. Mohon penjelasannya.

selamat pagi admin, saya mendapat hasil konstanta dari haasil regresi linier berganda apabila hasilnya 0,219 apa wajar ? mohon penjelasannya

admin, apa hubungan analisis regresi linier berganda dengan uji T dan uji F? Mohon pencerahannya

saya mau tanya...
saya memiliki data 1 berupa baik dan buruk interpretasinya dan yang satunya ada 5 tingkatan dari sangat rendah ke sangat tinggi...

namun saya uji dengan chi squre tidak valid datanya makanya saya bingung mau menggunakan uji yg lainnya jika ordinal namun salah satu hasil data kategorikal jadi saya bingung.

permisi min, saya mau tanya ...
saya punya judul "Pengaruh Strategi wankat-oreovocz terhadap sikap dan kemampuan pemecahan masalah". jadi ada satu variabel x dan 2 variabel y. itu uji analisisnya menggunakan apa yah min?
mohon bantuannya min .

Skala data yang digunakan apa mas? Apakah nominal atau ordinal. Jika ordinal, bisa gunakan regresi linier berganda. Jika nominal, bisa gunakan regresi logistik.

Uji t dan uji F digunakan untuk melakukan pengujian parameter regresi secara serentak dan secara parsial.

Pemiris saya mau nnyk , soal saya pengaruh durasi bermain game terhadap kemampuan pengelolaan emosi anak usia remaja awal . Itu saya pakai Rumusu apa ya?? Terima kasih