Skip to main content

Download Peta Wilayah Administrasi Indonesia dengan R

Pada kesempatan kali ini saya akan melakukan proses download dan visualisasi peta Indonesia menggunakan R. Package yang digunakan adalah GADMTools.

GADMTools adalah adalah package R yang digunakan untuk memanipulasi shapefile peta dari GADM. GADM menyediakan database wilayah administrasi dan data spasial negara-negara di dunia beserta wilayah administrasi di bawahnya yang diberikan secara gratis dengan resolusi yang sangat tinggi.

Package lain yang dibutuhkan untuk mendukung GADMTools adalah sp, tidyverse, classInt, sf dan dan banyak package lainnya. Ketika menjalankan perintah di R diminta package yang lain, maka install terlebih dahulu package yang lain tersebut sebelum melanjutkan perintah R.

Perlu menjadi catatan bahwa proses download peta dan loading dalam menampilkan peta di R terkadang agak lama, hal ini tergantung pada koneksi internet dan spesifikasi komputer/laptop yang kita gunakan. Oleh karena itu, jika loading R lama, maka sebaiknya ditunggu saja dan tidak membatalkan.

Cara menampilkan peta Indonesia

library(GADMTools)
library(sp)
map <- gadm_sp_loadCountries("IDN", basefile = "./")
plotmap(map)



Cara menampilkan peta (sampai level 1 (provinsi))

library(GADMTools)
library(sp)
map <- gadm_sp_loadCountries(c("IDN"), level=1, basefile = "./")
plotmap(map)



Cara menampilkan peta (sampai level 2 (kab/kota))

library(GADMTools)
library(sp)
map <- gadm_sp_loadCountries(c("IDN"), level=2, basefile = "./")
plotmap(map)



Cara menampilkan peta (kab/kota tertentu saja)


library(GADMTools)
library(sp)
Ind1sia = gadm_sp_loadCountries("IDN", level=2, basefile = "./")
listNames(Ind1sia, level=2)
Sumbar = gadm.subset(Ind1sia, regions=c("Agam", "Bukittinggi", "Dharmasraya", "Kepulauan Mentawai", "Kota Solok", "Lima Puluh Kota", "Padang", "Padang Panjang", "Padang Pariaman", "Pariaman", "Pasaman", "Pasaman Barat", "Payakumbuh", "Pesisir Selatan", "Sawahlunto", "Sijunjung", "Solok" , "Solok Selatan", "Tanah Datar"))
plotmap(Sumbar)