Penggunaan Metode Statistik Untuk Penelitian | Rumus Statistik

Penggunaan Metode Statistik Untuk Penelitian

Metode statistik ada dua, yaitu statistik deskriptif dan statistik induktif. Statistik deskriptif menjelaskan karakteristik dari data, seperti rata-rata, median, modus, simpangan baku, dan berbagai karakteristik data lainnya. Statistik deskriptif juga menjelaskan data dalam bentuk grafik agar data lebih mudah dipahami oleh pengguna data. Sedangkan statistik induktif merupakan metode untuk menarik inferensi mengenai populasi. Statistik induktif berupa penaksiran, pengujian hipotesis, peramalan dan lain-lain.

Pada sebuah laporan hasil penelitian seperti skripsi, tesis atau lainnya yang mengandung data statistik, analisis di dalam hasil penelitian tersebut tidak terlepas dari metode statistik deskriptif. Di dalamnya akan terdapat tabel, grafik, dan angka-angka lain yang menyajikan penjelasan mengenai karakteristik data hasil penelitian. Selanjutnya jika ada penaksiran, pengujian atau peramalan di dalam penelitian tersebut maka maka akan terdapat pula analisis yang menggunakan metode statistik induktif.

Jika lebih diperhatikan isi dari laporan penelitian maka metode statistik yang pertama disajikan adalah metode statistik dekriptif kemudian dilanjutkan dengan statistik induktif. Kedua-duanya sejalan dalam menjelaskan laporan penelitian.

Jadi jelas sudah jika ingin membuat laporan penelitian seperti skripsi dan tesis maka kita tidak akan terlepas dari kedua metode statistik tersebut di atas. Dari awal pembuatan skripsi atau tesis sebaiknya kita sudah membayangkan bagaimana penyajian statistik deskriptifnya dan metode statistik induktif apa yang akan digunakan.

0 Response to "Penggunaan Metode Statistik Untuk Penelitian"

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.