Skip to main content

Statistik

Statistik adalah data atau ukuran yang diperoleh dari hasil perencanaan, pengumpulan, pengolahan dan analisis. Data atau ukuran statistik tersebut disajikan dalam bentuk angka hasil observasi, angka agregat, rata-rata, median, modus atau ukuran-ukuran lainnya. Data statistik juga tersedia dalam bentuk tabel, diagram atau grafik. Statistik dipelajari melalui Statistika.

Contoh data statistik misalnya data luas wilayah, jumlah penduduk, rata-rata lama sekolah, angka pengangguran dan lain-lain. Contoh data statistik yang disajikan dalam bentuk diagram dan grafik adalah piramida penduduk, gini ratio dan lain-lain.

Data statistik dapat memberikan gambaran secara umum suatu fenomena, memberikan informasi mengenai faktor-faktor apa saja yang dapat menyebabkan suatu kejadian, mengetahui faktor-faktor yang berhubungan, memberikan ramalan atau prediksi pada masa yang akan datang.

Statistik digunakan untuk perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi serta pengontrolan kegiatan. Dengan statistik kita dapat menetapkan target yang akurat dan mengevaluasi serta mengontrol kegiatan dengan baik. Selain itu, dengan memanfaatkan data statistik kita bisa lebih cepat dan tepat dalam pengambilan keputusan dan menentukan kebijakan.