Statistik Inferensial

Statistik inferensial disebut juga dengan statistik induktif. Kegiatan yang dilakukan dalam analisis inferensial adalah pendugaan, pengujian dan penarikan kesimpulan berdasarkan data dan hipotesis.

Tujuan dari statistik inferensial adalah melakukan generalisasi, dimana data sampel dianalisis dan kemudian ditarik kesimpulan. Kesimpulannya tersebut diberlakukan pada populasi. Karena pada statistik inferensial mengeneralisasi dari sampel ke populasi, maka kebenaran hasil dari statistik inferensial bersifat peluang.

Statistik inferensial terbagi menjadi dua macam, yaitu statistik parametrik dan statistik nonparametrik. Pada statistik parametrik, data diasumsikan mengikuti suatu distribusi tertentu, sedangkan pada distribusi nonparametrik, data diasumsikan tidak mengikuti distribusi tertentu.

Dalam laporan penelitian, statistik inferensial sering digunakan bersama-sama dengan statistik deskriptif. Statistik deskriptif umumnya digunakan terlebih dahulu untuk memberikan gambaran objek penelitian secara umum, kemudian diteruskan dengan statistik inferensial guna melakukan pendugaan dan pengujian.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar