Populasi | Rumus Statistik

Populasi

Populasi adalah keseluruhan dari objek penelitian. Populasi sering juga disebut dengan semesta. Contoh populasi: semua penduduk di suatu wilayah, semua usaha di suatu wilayah, semua siswa di suatu sekolah, semua sapi dan kerbau di suatu wilayah, dan lain-lain.

Yang dipelajari oleh peneliti terhadap populasi bukan hanya sekedar kuantitas (jumlah) objek populasi saja tetapi juga mengenai karakteristik dan sifat-sifat yang dimiliki oleh objek populasi tersebut.

Jika ukuran populasi sangat besar, maka peneliti akan kesulitan melakukan penelitian terhadap populasi secara keseluruhan karena keterbatasan waktu, tenaga dan biaya. Oleh karena itu, agar penelitian lebih efektif dan efisien maka dilakukanlah kegiatan statistik dimana penelitian hanya dilakukan terhadap sebagian elemen populasi saja. Sebagian elemen populasi yang diteliti tersebut disebut dengan sampel.

Hasil penelitian terhadap sampel bisa digeneralisasi terhadap populasi. Agar sampel benar-benar dapat menggambarkan populasi, maka pengambilan sampel harus mengikuti kaidah-kaidah statistik. Materi statistika yang mempelajari tata cara dan metode-metode penarikan sampel adalah Teknik Sampling.

0 Komentar untuk "Populasi"