Hubungan Antara Rata-rata Hitung (Mean), Median dan Modus

Rata-rata hitung (mean), median dan modus adalah nilai yang digunakan untuk mewakili seperangkat data. Ketiga nilai tersebut sering juga disebut dengan ukuran kecenderungan terpusat (measure of central tendency). Sebab kecenderungan dari nilai-nilai tersebut memusat pada bagian tengah suatu perangkat data.

Pada analisis data biasanya fokus perhatian tidak terletak pada keseluruhan data, tetapi terletak hanya dimana data tersebut memusat. Oleh karena itulah nilai-nilai rata-rata, median dan modus sering digunakan untuk mewakili seperangkat data dalam analisis statistik.

Pada suatu distribusi frekuensi, hubungan antara rata-rata, median dan modus adalah sebagai berikut.
  1. Jika rata-rata, median dan modus memiliki nilai yang sama, maka nilai rata-rata, median dan modus akan terletak pada satu titik dalam kurva distribusi frekuensi. Kurva distribusi frekuensi tersebut akan terbentuk simetris.


  2. Jika rata-rata lebih besar dari median, dan median lebih besar dari modus, maka pada kurva distribusi frekuensi, nilai rata-rata akan terletak di sebelah kanan, sedangkan median terletak di tengahnya dan modus di sebelah kiri. Kurva distribusi frekuensi yang terbentuk adalah menceng kanan atau kemencengan positif.


  3. Jika rata-rata lebih kecil dari median, dan median lebih kecil dari modus, maka pada kurva distribusi frekuensi, nilai rata-rata akan terletak di sebelah kiri, sedangkan median terletak di tengahnya dan modus di sebelah kanan. Kurva distribusi frekuensi yang terbentuk adalah menceng kiri atau kemencengan negatif.


  4. Jika kurva distribusi frekuensi tidak simetris (menceng ke kiri atau ke kanan), maka biasanya akan berlaku hubungan antara rata-rata median dan modus sebagai berikut.

    Rata-rata – Modus = 3 (Rata-rata – Median)

Share:

11 komentar:

  1. Maksudnya jika mean lebih besar dari modus. Modus lebih besar dari median maka kurvanya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kondisi rata-rata < modus < median tidak mungkin terjadi.

      Hapus
  2. kan kita udah mencari nilai mean modus dan mediannya nah yang saya tanyakn cara mengetahui perbdandingan nilai data mean modus median tersebut gimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, saya kurang paham maksudnya "cara mengetahui perbandingan". Mungkin maksudnya adalah menganalisis nilai mean median modus.

      Untuk menganalisisnya kita bias lihat dari besar nilai mean median modus, apakah mean = median = modus, atau mean < median < modus, atau mean > median > modus.

      Selanjutnya analisis lebih lanjut sesuai artikel di atas.

      Hapus
  3. gimana kalo nilai mean lebih besar dari modus dan modus lebih besar dari median ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika datanya banyak, kejadian tersebut sangat jarang terjadi.

      Hapus
  4. saat kapan terjadi sinkronisai antara mean,median dan modus

    BalasHapus
  5. Bagaimana bentuk kurva bila rata-rata lebih besar dari median dan modus,namun median dan modus memiliki nilai yang sama
    Mean median modus
    82,27 - 82 - 82

    BalasHapus
  6. Berarti yang dimaksud dengan data berdistribusi normal itu ketika data tsb memiliki nilai mean, median, dan modus yang sama besar ya? Terima kasih.

    BalasHapus
  7. Bagaimana jika median < mean < modus?

    BalasHapus
  8. Jika letak rata rata,median dan modus dari suatu kelompok berimpit,maka bentuk kurvanya bagaimana ya? Saya bingung

    BalasHapus