Tanya Jawab - Soal Peluang (Probabilitas) dan Pembahasannya | Rumus Statistik

Tanya Jawab - Soal Peluang (Probabilitas) dan Pembahasannya

Soal-soal di bawah ini merupakan soal-soal peluang yang pernah diajukan oleh pengunjung ke blog ini. Pertanyaan tersebut tidak selalu sesuai dengan aslinya, kami bisa saja telah memodifikasinya atau mengganti dengan bentuk soal yang sama, tetapi tidak mengurangi maksud dari soal tersebut.

Jika anda juga ingin bertanya, silahkan ajukan di form komentar di bawah. Pertanyaan anda bisa saja kami modifikasi sebelum menjawabnya.

Contoh Soal No. 1

Misalkan kita mempunyai 10 kartu yang bernomor 1 sampai dengan 10. Jika satu kartu diambil secara acak, berapakah peluang terambilnya kartu bernomor bilangan prima?

Jawab:

Sebelum menyelesaikan persoalan di atas, kita harus mengetahui dulu apa itu bilangan prima. Bilangan prima adalah bilangan yang hanya memiliki dua faktor, yaitu 1 dan bilangan itu sendiri. Bilangan prima haruslah bilangan asli, positif dan lebih dari 1.

Bilangan prima yang ada dari 1 sampai dengan 10 adalah 2, 3, 5, 7. Jadi terdapat 4 bilangan prima yang ada dari 1 sampai dengan 10. Dengan demikian, peluang terambilnya kartu yang merupakan bilangan prima dari 10 kartu bernomor  sampai dengan 10 adalah 4/10 atau 0,4.

0 Response to "Tanya Jawab - Soal Peluang (Probabilitas) dan Pembahasannya"

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.