Matriks, Vektor dan Skalar | Rumus Statistik

Matriks, Vektor dan Skalar

Matriks adalah susunan angka-angka dalam bentuk bujur sangkar atau persegi panjang yang diapit oleh tanda kurung. Semua bilangan yang ada dalam matriks adalah bilangan real. Matriks dinotasikan dengan huruf kapital dan dicetak tebal.


Matriks A di atas memiliki n baris dan p kolom. Matriks A biasa disebut juga dengan matriks yang berukuran n×p. Notasi aij dalam matriks menunjukkan elemen matriks baris ke-i dan kolom ke-j.

Di bawah ini adalah beberapa buah contoh matriks.


Matriks B merupakan matriks berukuran 3×4, matriks C berukuran 3×3 dan matriks D berukuran 4×3.

Vektor adalah matriks yang hanya memiliki satu kolom saja atau hanya memiliki satu baris saja. Vektor dinotasikan dengan huruf kecil dan dicetak tebal. Penulisan vektor adalah sebagai berikut.


Vektor tersebut dapat ditulis juga dalam bentuk transpose vektor yaitu 


atau bisa juga ditulis dalam bentuk


Berikut ini adalah beberapa buah contoh vektor.


Skalar adalah matriks yang hanya memiliki satu kolom dan satu baris. Misalnya adalah 10, -7 dan 116. Bilangan-bilangan tersebut termasuk ke dalam skalar.

Ilmu statistik sering kali menggunakan matriks, vektor dan skalar untuk mempermudah penyelesaian berbagai persoalan statistik, misalnya penyelesaian pada persoalan model linier. Dalam model linier, variabel-variabel dan elemen-elemen data biasanya disusun dalam bentuk matriks.

0 Response to "Matriks, Vektor dan Skalar"

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.