Populasi dan Sampel | Rumus Statistik

Populasi dan Sampel

Jika kita 'membaca' data statistik atau mempelajari ilmu statistika, maka kita akan selalu berhubungan dengan populasi dan sampel. Hal ini karena keberadaan populasi dan sampel-lah menyebabkan terlahirnya istilah statistik.

Sebelum memahami statistik maka kita harus tahu dan mengerti terlebih dahulu mengenai populasi dan sampel.
Baca: Statistik dan Statistika
Populasi sering juga disebut dengan semesta. Populasi adalah keseluruhan objek penelitian. Contoh populasi misalnya semua penduduk di suatu wilayah, semua usaha di suatu wilayah, semua siswa di suatu sekolah, semua sapi dan kerbau di suatu wilayah, dan lain-lain.

Yang dipelajari oleh peneliti terhadap populasi tidak hanya sekedar kuantitas objek populasi saja tetapi juga mengenai karakteristik dan sifat-sifat yang dimiliki oleh objek populasi tersebut.

Sampel adalah sebagian dari populasi atau sebagian dari keseluruhan objek penelitian. Sampel biasanya diambil dari populasi karena ukuran populasi terlalu besar sehingga untuk melakukan penelitian terhadap populasi membutuhkan banyak tenaga, waktu yang lama dan biaya yang tinggi. Oleh karena itu diambillah sampel yang diharapkan dapat mewakili populasi.
Pengambilan sampel dari populasi tidak dilakukan sembarangan. Pengambilan sampel sangat tergantung kepada besarnya populasi dan karakteristik populasi tersebut. Oleh karena itu dibutuhkan teknik sampling yang tepat sehingga sampel yang diperoleh benar-benar representatif atau benar-benar mewakili populasi.

Umumnya semakin besar ukuran sampel maka akan semakin mewakili sampel tersebut terhadap populasi.

Istilah populasi dan sampel erat kaitannya dengan sensus dan survei, dimana penelitian terhadap populasi disebut dengan sensus, sedangkan penelitian terhadap sampel disebut dengan survei.

2 Responses to "Populasi dan Sampel"

Diberdayakan oleh Blogger.