Statistik dan Statistika | Rumus Statistik

Statistik dan Statistika

Statistik dan statistika adalah dua kata yang mirip, namun memiliki arti yang berbeda. Keduanya saling berkaitan dan tidak dapat dipisahkan.

Statistik umumnya disebut juga dengan data. Data diartikan sebagai angka-angka yang memiliki arti atau informasi. Sedangkan statistika dipahami sebagai ilmu tentang data. Jadi kaitan antara statistik dan statistika adalah statistik dipelajari melalui statistika.

Statistika sering juga disebut dengan ilmu statistik. Berikut ini sedikit penjelasan mengenai arti dari statistik dan statistika.

Statistik

Statistik adalah data atau ukuran yang diperoleh dari hasil perencanaan, pengumpulan, pengolahan dan analisis. Data atau ukuran statistik tersebut disajikan dalam bentuk angka hasil observasi, angka agregat, rata-rata, median, modus atau ukuran-ukuran lainnya. Data statistik juga tersedia dalam bentuk tabel, diagram atau grafik.

Contoh data statistik misalnya data luas wilayah, jumlah penduduk, rata-rata lama sekolah, angka pengangguran dan lain-lain. Contoh data statistik yang disajikan dalam bentuk diagram dan grafik adalah piramida penduduk, gini ratio dan lain-lain.

Statistika

Statistika adalah ilmu yang mempelajari mengenai perencanaan, pengumpulan, pengolahan, analisis, penyajian dan interpretasi data serta pengambilan keputusan berdasarkan data. Statistika merupakan cabang dari ilmu matematika. Beberapa ilmu dasar dari statistika adalah ilmu peluang atau probabilitas, kalkulus dan aljabar.

Statistika secara umum terbagi dalam dua jenis, yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial. Statistik deskriptif berhubungan dengan penataan, peringkasan dan penyajian data, sedangkan statistik inferensial berhubungan dengan pengujian dan penarikan kesimpulan berdasarkan data dan hipotesis.
Baca: Statistik Deskriptif dan Statistik Inferensial
Manfaat dan Kegunaan

Statistika banyak diterapkan di berbagai bidang keilmuan lain, seperti bidang sosial, kependudukan, ekonomi, bisnis, asuransi, kesehatan dan komputasi. Data statistik digunakan sebagai alat dalam pengambilan kebijakan serta menyelesaikan persoalan-persoalan di bidang-bidang tersebut.

Data statistik dapat memberikan gambaran secara umum suatu fenomena, memberikan informasi mengenai faktor-faktor apa saja yang dapat menyebabkan suatu kejadian, mengetahui faktor-faktor yang berhubungan, memberikan ramalan atau prediksi pada masa yang akan datang.

Statistik digunakan untuk perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi serta pengontrolan kegiatan. Dengan statistik kita dapat menetapkan target yang akurat dan mengevaluasi serta mengontrol kegiatan dengan baik. Selain itu, dengan memanfaatkan data statistik kita bisa lebih cepat dan tepat dalam pengambilan keputusan dan menentukan kebijakan.

0 Response to "Statistik dan Statistika"

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.