Metode Estimasi Parameter | Rumus Statistik

Metode Estimasi Parameter

Parameter populasi biasanya tidak diketahui, oleh karena itu untuk mengetahuinya dilakukan estimasi (pendugaan) terhadap parameter tersebut melalui data sampel. Berikut ini adalah beberapa metode estimasi parameter yang sering digunakan.

Metode Momen

Metode momen adalah metode yang tertua yang digunakan dalam mengestimasi parameter. Ide dasar dari metode ini adalah mendapatkan estimasi parameter populasi dengan menyamakan antara momen-momen populasi (teoritis) dengan momen-momen sampel. Teori metode momen bisa dibaca di halaman "Estimasi Parameter dengan Metode Momen"


Metode Least Square (Kuadrat Terkecil)

Metode least square merupakan metode yang mengestimasi parameter dengan cara meminimalkan jumlah kuadrat error-nya.

Metode Maximum Likelihood Estimator (MLE)

Metode MLE adalah metode yang paling sering digunakan dalam mengestimasi parameter. Pada intinya metode ini adalah mendapatkan estimasi parameter dengan cara memaksimumkan fungsi likelihood L. Fungsi likelihood adalah fungsi probabilitas bersama dari x1, x2, ... , xn, θ1, θ2, ... , θn dimana diangggap sebagai fungsi dalam parameter θ.

Metode Bayes

Metode estimasi bayes adalah metode untuk mendapatkan estimasi parameter dengan mendapatkan informasi dari sampel dan populasi.

0 Response to "Metode Estimasi Parameter"

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.